Langsung ke konten utama

Pemprov Jabar Bangun Kawasan Wisata Pantai Selatan Sayang Heulang Garut - BUDAYA DAN WISATA

KBRN, Garut : Sesuai dengan program Gubernur Jabar terkait penataan wisata Pantai Selatan, kini Objek Wisata Pantai Sayangheulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk Garut, sedang dilakukan penataan kawasan wisata.


"Selain Pantai Pangandaran, pantai Sayangheulang juga menjadi prioritas program penataan kawasan wisata yang dikerjasamakan antara Pemkab Garut dengan Pemprov Jabar," kata Kadisparbud Garut, Budi Gangan saat di hubungi melalui telpon," Senin (9/8/2021).


Menurut Budi Gangan, seharusnya penataan kawasan wisata pantai di lintas selatan Jabar tersebut dilakukan tahun 2020, namun terkendala oleh pandemi maka baru dilaksanakan tahun 2021 ini.


"Seharusnya dimulai tahun 2020 namun karena terjadi refocusing anggaran maka penataan kawasan wisata dipantai selatan khususnya pantai Sayang Heulang dan Pangandaran baru bisa dilaksanakan tahun ini," jelasnya.


Sejumkah spot wisata dari mulai penataan karang laut yang menjadi icon pantai sayang heulang dan akan menjadi daya tarik utama (sky breake) juga spot lainnya seperti kolam laut, spot selfie hingga pembuatan tanggul penahan tanah (TPT) di sepanjang pesisir pantai Sayangheulang.


"Tanggul TPT dengan kedalaman tiga meter yang diperkuat oleh boronjong, sebagai fasilitas kirmir dibuat untuk kenyamanan bagi wisatawan, dan diharapkan TPT yang sedang dibangun bisa menahan gempuran ombak besar," terangnya.


Pembangunan penataan kawasan wisata pantai sayangheulang ini ditargetkan tuntas hingga akhir 2021.


"Anggaran penataan wisata sayang heulang tersebut, bersumber dari APBD provinsi sebesar 15 miliar rupiah yang ditargetkan selsai pada akhir 2021. Selanjutkan Pemkab Garut akan segera membangun fasilitas insfratruktur jalan yang diproyeksikan pada tahun 2022 setelah pembangunan kawasan wisata setempat selsai tahun ini,"pungkasnya.


Komentar